Google

Sabtu, 02 Februari 2008

LKS interaktif


Lembar kerja siswa (LKS) merupakan salah satu perangkat pembelajaran matematika yang cukup penting dan diharapkan mampu membantu peserta didik menumukan serta mengembangkan konsep matematika. Perkembangan teknologi begitu cepat khusunya komputer dan internet. Di era global internet menjadi salah satu alternatif pembelajaran tanpa melihat waktu dan tempat.

Memberi pengetahuan, sikap dan keterampilan yang perlu dimiliki oleh peserta didik adalah salah satu tujuan penggunaan LKS dalam proses pembelajaran. Model LKS berstruktur mampu mengantarkan peserta didik mencapai tujuan pembelajaran dengan atau tanpa bantuan pembimbing, tetapi bukan berarti guru digantikan melainkan guru sebagai pengawas dan motivator. Internet menjadi alternatif model pembelajaran yang sedang dikembangkan. Pembelajran melalui internet tanpa mengenal waktu dan tempat akan mempercepat dan mempersingkat transfer ilmu pengetahuan.

Model LKS matematika interaktif berbasis web, isi materi pembelajran yang dikembangkan berupa pertanyaan-pertanyaan yang digunakan untuk mengarahkan peserta didik supaya mampu menemukan konsep maupun rumus dengan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya. Hal ini sangat berbeda dengan LKS konvensional yang beredar di sekolah-sekolah, LKS tersebut lebih menekankan pada aspek latihan soal.

Tidak ada komentar: